PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PR. PLN PERSERO RAYON AEK KANOPAN

Yuniman Zebua

Abstract


Kinerja karyawan merupakan hasil atau prestasi kerja karyawan yang dinilai dari segi kualitas
maupun kuantitas berdasarkan standar kerja yang ditentukan oleh pihak organisasi. Kinerja yang baik
adalah kinerja yang optimal, yaitu kinerja yang sesuai standar organisasi dan mendukung tercapainya
tujuan organisasi. Organisasi yang baik adalah organisasi yang berusaha meningkatkan kemampuan
sumber daya manusianya, karena hal tersebut merupakan faktor kunci untuk meningkatkan kinerja
karyawan. Peningkatan kinerja karyawan akan membawa kemajuan bagi perusahaan untuk dapat
bertahan dalam suatu persaingan lingkungan bisnis yang tidak stabil.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN Persero Rayon Aek Kanopan
Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 102 orang karyawan, dengan
jumlah sampel 36 orang. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda
dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.00 for windows.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan secara serempak motivasi dan disiplin secara bersama –
sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Kantor PT. PLN Persero Rayon
Aek Kanopan sebesar 72,30%, sisanya yaitu 27,70% dapat dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk
dalam model penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Cardoso Gomes, Faustino, 2013, Manajemen

Sumber Daya Manusia, edisi pertama,

cetakan keempat, Andi Offset, Jakarta

Fathoni, Abdurrahmat, 2013. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Penerbit :

Rineka Cipta, Jakarta.

Handoko, T. Hani, 2013, Manajemen Personalia

dan Sumberdaya Manusia, edisi kedua,

Penerbit : BPFE, Yogyakarta

Hasibuan Malayu S.P. 2013. Manajemen

Sumber Daya Manusia. edisi revisi.

cetakan kesepuluh. Penerbit : Bumi

Aksara, Jakarta

I Made, Yusa Dharmawan. 2014. Pengaruh

Kompensasi dan Lingkungan Kerja

Non Fisik terhadap Disiplin dan

Kinerja Karyawan Hotel Nikki

Denpasar. Program Pascasarjana

Universitas Udayana Denpasar

Moh. As’ad, 2013, Phsikologi Industri, edisi

keempat, cetakan keenam, Penerbit :

Liberty, Yogyakarta

Martoyo Susilo, 2013, Manajemen Sumber

Daya Manusia, Edisi keempat, Cetakan

pertama, Penerbit : BPFE, Yogyakarta

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis,

Manajemen Mutu Sumber Daya

Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia,

Jakarta

Mulyono Sri, 2013, Statistik Untuk Ekonomi

Dan Bisnis, edisi ketiga, Penerbit :

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,

Jakarta

Simamora, Henry, 2013, Manajemen Sumber

Daya Manusia, edisi ketiga, cetakan

kedua, Penerbit : YKPN, Yogyakarta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R & D, Penerbit

Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v6i2.742

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418