PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I TORGAMBA KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
tindakan dikelas mata pelajaran biologi dengan menggunakan model
pembelajaran pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI SMA
Negeri I Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini di latar
belakangi oleh rendahnya nilai belajar belajar siswa dengan menerapkan
model pembelajaran melalui pendekatan kooperatif Jigsaw pada materi pokok
sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Dari penelitian
yang dilakukan, persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan
yang cukup tinggi. Pada siklus 1 atau prasiklus persentase ketuntasan belajar
hanya 20 %. Pada siklus 2 terjadi peningkatan namun hanya menjadi 52,38
%. Lalu pada pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar siswa menjadi
90,48 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Biologi materi pokok sistem pencernaan pada siswa
kelas XI SMA Negeri I Torgamda Kabupaten Labuhan Batu Selatan.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i2.1113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zunaidy Abdullah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 






Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)