PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 SILANGKITANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh model pembelajran Numbered Head Together, dan pembelajaran konvensional terhadap karakter siswa pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan populasi penelitian sebanyak 3 kelas dan 2 kelas sebagai sampel penelitian yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas sebagi kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan karakter, sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 40 soal dalam bentuk pilihan berganda dan Tes karakter disiplin siswa. Hasil Pretests belajar biologi siswa dikelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi 57 dan terendah 33 dengan rata-rata nilai standart deviasi 39.58



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zunaidy Abdullah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)