MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAS NURUL IKHWAN KONSESI KECAMATAN TORGAMBA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siti Suharni Simamora

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa materi Ekosistem pada siswa kelas X melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples. Obyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Swasta Nurul Ikhwan konsesi kelas X yang terdiri dari 22 siswa, dengan komposisi 14 siswa perempuan, dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 78 yang mencapai ketuntasan adalah 15 orang siswa, siswa yang tidak tuntas yaitu 7 orang dan pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 87 yang mencapai ketuntasan adalah 20 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa diketahui ada peningkatan jumlah nilai rata-rata sebesar 9 angka dan peningkatan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 5 orang. Hasil belajar siswa meningkat 22,9%. Peningkatannya dapat dilihat dari perolehan presentase siklus I sebesar 68,1% dan siklus II 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAS Nurul Ikhwan Konsesi Kecamatan torgamba. Selain itu model pembelajaran kooperatif examples non examples dapat meningkatkan disiplin, kerjasama, dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i2.1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Siti Suharni Simamora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)