PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK IPA SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD PADA MATERI RANGKA MANUSIA

Roy Parsaulian

Abstract


Komik pembelajaran merupakan media yang baik dalam menyampaikan pesan berupa penyampaian materi pembelajaran IPA sains kepada para siswa. Karena visual mereka, menarik, lucu dan perspektif, serta memiliki daya tarik keseluruhan sehingga komik dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu atau memudahkan para siswa memahami materi pelajaran IPA sains. Dengan pengajaran strategi inovatif ini para siswa akan menjadi lebih fokus dan memahami dari apa yang telah dia baca jika buku pelajaran dapat disajikan dalam bentuk hobi kegemaran mereka yang salah satunya yang diaplikasikan dalam bentuk komik pembelajaran, dengan kata lain para siswa lebih menyukai strategi pengajaran yang lebih kreatif dengan menggunakan sumber belajar berupa media komik. Oleh karena itu perlu adanya penyertaan buku teks IPA sains yang berupa komik pembelajaran IPA sains kepada siswa sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik di sekolah.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i1.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Roy Parsaulian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917