PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA

Maharani Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui hasil belajar biologi dengan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Biologi siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling. Kepada kelas eksperimen diberikan model Pembelajaran Advance Organizer sedangkan kepada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen adalah kelas X-IPA2 dan kelas kontrol adalah kelas X-IPA4, yang masing-masing siswa berjumlah 35 orang. Dari pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 0,340 < ttabel = 1,669 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Model pembelajaran Advance Organizer berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i1.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Maharani Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)