PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SILANGKITANG

Nurhakima Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan Media Torso dan Media Gambar Pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silangkitang. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda masing-masing berjumlah 35 orang sehingga total sampel 70 orang. Pada kelas pertama permbelajaran dilakukan dengan cara menggunakan media torso sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media gambar, untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan uji statistic t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media torso dan media gambar, nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media torso ( 1=6,423; SD=1,92) lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan media gambar ( 2=5,52; SD=1,59). Uji hipotesis menunjukkan (thitung=2,1591 > ttabel=1,9974). Dengan taraf α=0,05 diterima Ha jika ttabel terletak diantara -1,9974 sampai dengan +1,9974, dan Ha jika harga ttabel diluar dari harga-harga tersebut. Karena ttabel = 2,1591 terletak diluar -1,9974 sampai dengan +1,9974, maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan sekaligus menerima Ha. Hal ini membuktikan hasil belajar siswa yang diajar dengan media torso lebih tinggi dari pada media gambar Pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silangkitang.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v2i2.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nurhakima Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)