PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE-A-MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN

Maharani Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe make-a-match terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi animalia dikelas X. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu X-3 dan X-4. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling, dimana pengambilan sampel secara acak dengan cara mengundi. Instrument yang digunakan adalah tes, data dianalisis menggunakan satatistik deskriptif, Uji prasyarat dan Uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 22 versi 22. Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (paired sample t- test), diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,434 dan t-tabel dengan α = 0,05, df = 34 maka diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,042. Nilai t-hitung ˃ t-tabel atau 2,434 ˃ 2,042. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make-a-match terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi animalia di kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v2i2.1211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Maharani Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.