PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Siti Zahara Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah ada pengaruh metode student created studies terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA muhammadiyah 09 kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini dianggap penelitian eksperimen semu . Penelitian ini dirancang menggunakan Posttest - Only Kontrol Group Design dengan menerapkan metode student created case studies. Metode l dengan media gambar dalam kelompok eksperimen dan kuliah metode , diskusi , dan eksperimen dalam kelompok kontrol . Populasi penelitian ini adalah semua strudents di kelas X SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sampel penelitian ini didirikan oleh Cluster Random Sampling , untuk mendapatkan kelas X - 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X - 3 sebagai kelompok kontrol . Data dikumpulkan dengan menggunakan tes , dokumentasi dan bentuk observasi . hipotesis dianalisis dengan menggunakan t -test . Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa aplikasi Dibuat Kasus Studi metode pembelajaran dengan media gambar terhadap




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v2i1.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Siti Zahara Saragih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)