PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BILAH HILIR

Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract


Individualization dengan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hilir. Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri 2 kelas yang berjumlah 70 orang. Sempel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI1 dan kelas XI2 masing-masing berjumlah 35 orang, sehingga sampel penelitian seluruhnya berjumlah 70 orang. Hasil penelitian ini telah diuji kebenarannya melalui beberapa tahapan penguji sehingga data yang diperoleh sesuai dengan hipotesis yang diujukan sebelum perlakuan diberikan. Sesuai dengan pengajuan hipotesis yang diperoleh maka pencapaian nilai thitungtable. Hal ini ditunjukan bahwa Ho ditolak dengan Ha diterima. Sedangkan thitung nilai pretest = 0,06 dan harga ttabel =1,669 pada α =0,05 dan dk =68 ternyata thitungtabel. Hal ini mengemukakan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demekian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) seorang siswa sangat terpengaruh terhadap pencapain hasil belajar yang diperolehnya. Diperoleh thitung nilai per test =2,26 dan harga ttabel =1,667 dan α = 0,05 dan dk = 68 ternyata thitungtabel. Hal ini menunjukan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki model pembelajaran TAI (Team Asssisted Individualization) lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan student facilitator and explaining (SFAE) pada materi sistem eksresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bilah Hilir.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v2i1.1219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zunaidy Abdullah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)