PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA KARYA TANI AJAMU

Halimah Sakdiah Boru Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada pengajaran Pencemaran dan Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Karya Tani Ajamu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Karya Tani Ajamu dengan jumlah keseluruhan adalah 3 kelas siswa dengan jumlah siswa sebanyak 104 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 dan Kelas X2. Kelas X1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming memberi pengaruh yang besar dibandingan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa di Kelas X SMA Karya Tani Ajamu terlihat dari perbedaan thitung dengan ttable yang menunjukkan bahwa thitung (5,43) ˃ ttable (1,997). Dengan demikian maka H0 yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa ditolak dan Ha yang menyatakan bahwa terhadap pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa diterima yaitu pada taraf signifikan 5%.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i2.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Halimah Sakdiah Boru Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)