PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENERAPAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DAN PETA KONSEP PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM KELESTARIAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BILAH HULU

Siti Suharni

Abstract


Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan peta konsep pada kompetensi dalam ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 135 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-1 dan VII-3, yang diambil secara acak kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan Kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 2. Setelah dilakukan pembelajaran, kedua kelas diberikan post-test yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran dengan peta pikiran (Eksperimen 2) yaitu 64,75. Dengan menggunakan uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan peta konsep atau lebih tinggi hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan metode peta pikiran daripada peta konsep pada kompetensi dasar mengidentifikasi keanekaragaman makhluk hidup dalam kelestarian ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Hulu.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i2.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Siti Suharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)