PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK HUBUNGAN KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Halimah Sakdiah Boru Gultom

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1. (2) Pengaruh media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada Mei di semester genap kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol X-2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar yang dilakukan di kelas eksperimen, maka didapatkan hasil rata-rata perhitungan pretes kelas nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40, untuk postes nilai tertinggi 90 dan terendah 55. Peningkatan rata-rata pretes dan postes adalh 11,33, itu membuktikan bahwa kelas eksperimen yang dikenai penggunaan media gambar, hasil belajar yang diperoleh lebih baik dibanding dengan yang tidak dikenai penggunaan media gambar. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Pired sampel T-Test) diketahui bahwa nilai t adalah -8,973 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan media gambar dari pada pembelajaran dengan konvensional. Berdasarkan selisih hasil rata-rata nilai postest (sesudah perlakuan) dan pretest (sebelum perlakuan), serta hasil analisis dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired sampel T-Test) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Kampung Rakyat semester genap.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Halimah Sakdiah Boru Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)