PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN MANUSIA KELAS VIII SMP N 4 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Risma Delima Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode pretest and posttest equivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di tiga SMP N 4 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pemilihan sampelnya berupa purposive sampling. Data yang dijaring berupa data kuantitatif berupa data pretes, postes, dan N-gain. Teknik Pengumpulan data melalui tes diawal dan akhir pembelajaran. Data dianalisis secara statistic melalui SPSS 17. Hasil dalam penelitian ini berupa Ngain penguasaan materi siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 16,82 dengan standar deviasi




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i1.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Risma Delima Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)