PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN PENERAPAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) DAN TANPA PENERAPAN PREDICTION GUIDE PADA MATERI ABIOTIK LINGKUNGAN DI KELAS X SMS SWASTA KARYA TANI

Arman Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi dengan penerapan predistion guide dan tapa penerapan prediction guide pada materi abiotil lingkungan di kelas X SMA Swasta Karya Tani. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran diskusi (kelas eksperimen) yaitu kelas XA rata-rata sebesar 78,47 dengan standar deviasi 8,06. Sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) yaitu XB rata-rata sebesar 70,11 dengan standar deviasi 8,22. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,695 > 2,00 sekaligus menyatakan terima Ha yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Dengan demikian model pembelajaran diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Karya Tani.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i1.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Arman Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)