PERBANDINGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN

Maharani Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa, (2) keterampilan berpikir kritis dan (3) kemampuan berpikir kreatif dalam biologi dengan menggunakan PBL dan strategi pembelajaran inquiry pada topik jamur di kelas X SMA N 17 Medan. Teknik analisis data adalah Independent Sample t test pada tingkat signifikansi α = 0,05 dengan menggunakan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi belajar siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan inkuiri (76,05: 75,13), meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 0.497, P = 0.621 > 0,05), (2) keterampilan berpikir kritis siswa yamng diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan menggunakan inkuiri (66,32: 61,71) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1.801; P = 0.076> 0,05), dan (3) keterampilan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa belajar dengan menggunakan inkuiri (69,43: 66,05) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1494; P = 0,139> 0,05). Dalam menindaklanjuti penelitian ini, para guru diharapkan untuk menggunakan strategi pembelajaran PBL dalam biologi tentang jamur dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i1.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Maharani Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)