Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan

Nurhakima Ritonga, Novi Fitriandika Sari, Halimah Sakdiah Boru Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Pembelajaran berbasis masalah pada Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA-1 SMAN 1 Panai Tengah sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas XI. Pengambilan sampel dipilih secara Random/Acak. Hasil penelitian diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa setelah ujian  pre-tes 44.82 % Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa rendah. Berdasarkan hasil uji post tes nilai hasil belajar siswa diperoleh sebesar 89.65%. Hal ini menunjukkan bahwa kelas adanya peningkatan Rata-rata keaktifan siswa sebesar 44.83 %, Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih dapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah dengan menggunakan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya kompetensi dasar materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah Saran yang diberikan adalah penerapan metode Pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan pada konsep lain yang mempunyai permasalahan yang sama


Full Text:

PDF

References


Afcariono, M. 2008. Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 3(2): 65-68.

Choridah, D. T. 2013. Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal. Volume 2(2): 194-202.

Diani, R., Latifah, S., Anggraeni, Y. M., & Fujiani, D. 2018. Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. Volume 3(2): 167-181.

Herman, T. 2007. Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist. Volume 1(1): 47-56.

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia. Volume 9(1): 62-75.

Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 5(1): 17-24.

Lubis, N. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di Kelas XI-IA SMA Swasta An-Nizam Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i2.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurhakima Ritonga, Novi Fitriandika Sari, Halimah Sakdiah Boru Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 






Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)