Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: hasil belajar belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Metode penelitian menggunakan quasi- eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling.  Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran modified free inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22.0 for Windows, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terhadap Hasil belajar  dengan F=7,58 ; P=0,002 Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model guided inquiry (72,36±11,44) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model modified free inquiry (68,27±12,05) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (65,00±13,56). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyata α = 0,05
Full Text:
PDFReferences
Amin, H., M. 2010. Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Pembelajaran Inkuiri dan Kemandirian Belajar pada Kelas VII SMP N 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Andriani, N., Husaini, I., dan Nurliyah, L. 2011. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2011). 133-137.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah, Saiful BahridanAzwanZein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Zion, M. 2007. Implementation Model of a Free Inquiry Curiculum. Science Education International. Volume 18(2): 93-112.
Zion, M. and Irit, S. 2012. Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Free or Guided? Journal of Research Science Education. Volume 42(2): 831–848.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i2.1343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Rahmi Nazliah, Siti Zahara Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917