Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Dan Kecakapan Sosial Siswa Di MTS Negeri 1 Rantauprapat

Maharani Gultom, Ika Chastanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kecakapn sosial siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (hasil belajar dan kecakapan sosial siswa). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hipotesis dengan uji-t untuk mengetahui hasil belajar dan kecakapan sosial siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar dari tes yang berkonten biologi dan data kecakapan sosial dari angket. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar dan kecakapan sosial siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry berpengaruh secara
signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa dan kecakapan sosial siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat


Full Text:

PDF

References


Arizona, K., Harjono, A., Jufri, A. W. 2013. Pengaruh Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri (MTDKBI) Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Kecakapan Sosial. Journal Educational Innovation. Volume 1(2): 12-19

Hamdayama, J. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kamal, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Mind Map terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Tesis. Tidak dipublikasi. PPS. Universitas Negeri Medan.

Kristanto, Y E., Susilo, H., 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 22(2): 34-41

Lutfiah, K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Attarbiyah. Volume 26(2): 23-32

Nur’aini., Susanti, R., Zen, D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 2(2): 78-85

Sulianti, A., Murdiono , M. 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ppkn. Jurnal Pendidikan IPS Volume 4(2): 165-175.

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 14(1): 75-88




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i2.1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maharani Gultom, Ika Chastanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)