Pengaruh Model Pembelajaran dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi model pembelajaran dan self efficacy terhadap: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di MAN 1 Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dari 6 kelas XI IPA yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa dalam bentuk tes uraian, dan nontes berupa angket self efficacy. Teknik analisis menggunakan statistik deksriptif dan Statistic Inferensial Parametric atau Multivariate Analysis of Variance (MANAVA) dengan taraf signifikan 5% dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,024<0,05); (2) Ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,000<0,05); (3) Ada interaksi yang signifikaan antara model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,004<0,05). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dan self efficacy pada materi sistem ekskresi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan proses sains siswa di sekolah
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Carin, A.A. 2000. Teaching Modern Science. Amerika: Merrill an Imprint of Prentice.
Nurdini, S. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses IPA Siswa pada Sistem Ekskresi. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mutiara, C. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan Metode TPS Disertai Eksperimen pada Siswa SMAN 1 Batanghari Lampung. Bioedukasi, 2 (1): 89-92.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Tran, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Belajar Mandiri, Rasa Ingin Tahu dan Pemikiran Kreatif Siswa SMAN 1 Batang Kuis. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.
Peng, C.N. 2004. Successful Problem-Based Learning for Primary and Secondary Classrooms. Singapore: Federal Publications.
Byron, J.M. 2006. Whence Philosophy of Biology? Forthcoming in the British Journal for the Philosophy of Science. (online article). http://philsciarchive.pit.edu-/archive/00002675/01/byron-philbio-2006.pdf, Diakses: 7 Januari 2015).
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembagkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i1.1487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hasmi Syahputra Harahap, Herawati Dongoran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917