Media Pembelajaran Monopoli: Media Edukasi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan || Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory

Fitri Andriyani, Rahma Rosaliana Saraswati, Dina Melasari, Agustiani Putri, Dadan Sumardani

Abstract


Materi biologi pada struktur dan fungsi jaringan tanaman adalah salah satu materi yang paling sulit dipahami siswa. Ini karena mempelajari materi ini secara rinci membutuhkan alat bantu (mikroskop) yang pengamatannya tidak selalu mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, sejauh ini media pembelajaran dan metode yang digunakan kurang bervariasi. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dan pemahaman siswa dalam mempelajari struktur dan fungsi jaringan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pendidikan monopoli pada struktur dan fungsi jaringan tanaman di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Struktur permainan monopoli yang dikembangkan terdiri dari beberapa peralatan permainan (termasuk: papan monopoli, satu set kartu hak kepemilikan, satu set kartu dana publik dan peluang, satu set uang dadu, dan panduan permainan). Adapun bidak dalam permainan ini adalah para siswa itu sendiri. Berdasarkan uji validasi ahli bahan, ditemukan bahwa persentase kesesuaian bahan dalam monopoli struktur dan fungsi jaringan tanaman adalah 70,83% atau cukup baik. Sementara itu, untuk tes validasi ahli media persentase kelayakan adalah 63,33% atau cukup baik. Berdasarkan uji validasi diperoleh rata-rata 67,08% atau jika diartikan maka monopoli struktur dan jaringan tanaman cukup layak sebagai media pembelajaran.

Material structure and function of plant tissue is one of the most difficult material for students to understand. This is because studying this material in detail requires aids (microscopes) whose observations are not necessarily easily understood by students. In addition, so far the learning media and methods used are less varied. Based on the above statement, we need a learning media that can increase student interest and student understanding in learning the structure and function of plant tissue. So this study aims to develop a monopolistic educational learning media on the structure and function of plant tissue in class VIII of SMPN. This development research refers to the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). The monopoly game structure and plant network developed consists of several game equipment including: a monopoly board, a set of ownership rights cards, a set of public and opportunity fund cards, a set of money - dice, and a game guide. As for the pawns in this game are the students themselves. Based on the material expert validation test, it was found that the percentage of material suitability in the monopoly of the structure and function of plant tissue was 70.83% or quite decent. Meanwhile, for the media expert validation test the percentage of eligibility was 63.33% or quite decent. Based on the validation test obtained an average of 67.08% or if interpreted then the monopoly of the plant's structure and tissue is quitefeasible

Keywords


Biology, Learning Media, Monopoly

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Harahap, HS. 2019. The Development of Biology Interactive Learning Media with Computer-Based Macromedia Flash of The Material Respiratory System of Human. Jurnal Pendidikan Biologi Nukleus, 5(2), 54–66.

Herdani, TP., Sartono N., Evriyani D. 2015. Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). BIOSFER, 8(1), 20–28.

Machin, A. 2012. Pengaruh Permainan Call Cards Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 163–167.

Nurhikmah, H., Tahmir S., Junda M., Bena BAN. 2018. Blended Learning Media in Biology Classroom. Journal of Physics: Conf. Series, 1028 (012027).

Ramadhani, N., Wahyuni S., Handayani R D. 2016. Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (Mosik)†pada Mata Pelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 235–245.

Ratnawati, R., Tjendrowaseno T I. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tasikmadu. Seruni : Proceeding Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer, 2(1), 37–43.

Setiawati, DA., Setiati, N., Pribadi, T A. 2019. The Development of E-Atlas Learning Media Based on Mobile Learning on Cells. Journal of Biology Education, 8(1), 15–25.

Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Salsabila, E., Rahayu W., Kharis SA., Putri A. 2019. Analysis of Mathematical Literacy on Students’ Metacognition in Conic Section Material. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 1–8.

Sumardani, D., Saraswati R R., Putri A., Bakri F., Muliyati D. 2020. System Implementation of Augmented Reality Application in Student Worksheet. Jurnal Informatika, 8(1), 10–18.

Susanto, A. 2012. Permainan Monopolisebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA kelas XI IPA. BioEdu, 1(1), 1-6.

Suwarno, RN., Suratsih. 2018. Pengembangan Media Educational Game “Bio-Monopoli†Sebagai Media Pembelajaran Submateri Rangka dan Tulang, Materi Sistem Gerak Untuk Siswa SMA/Ma Kelas XI IPA. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(2), 102–113.

Syahrowardi., syahrowaerdi., Permana AH. 2016. Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89–96.

Vebrianto, R. 2011. The effect of multiplemedia instruction in improving studentsscience process skill and achievement.Procedia Social and Behavioral Sciences, 15(1), 346-350.

Vikagustanti, D A., Sudarmin., Pamelasari, S D. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(2), 468–475.

Wahyuningsih, A N. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19–27




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v6i1.1559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitri Andriyani, Rahma Rosaliana Saraswati, Dina Melasari, Agustiani Putri, Dadan Sumardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: +6281362238917