The quality of Students learning Outcomes of Senior High School Using Discovery Learning Model for the Human Respiratory System Discussion (Case in SMA Negeri 1 Panai Tengah Senior High School) || Kualitas Hasil belajar Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Materi Sistem Respirasi Manusia
Abstract
This research was conducted at SMA Negeri I Panai Tengah in the 2019/2020 academic year. This study aims to determine the effect of the application of the discovery learning model on student learning outcomes in the human respiration system Discussion in Second class of Senior High School (XI IPA). This type of research is a quasi-experimental. The population were all students of class XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah that amount 32 individu . The sampling technique were total sampling, where the entire population would been the sample in this study. The instruments used were tests, observation sheets and questionnaires. Data were analyzed using descriptive statistics, prerequisite tests and hypothesis testing with the help of SPSS version 22 software. From the results of hypothesis analysis showed the paired sample t-test (paired sample t-test), obtained tcount values of 5,422 and t table with á¾³= 0,05, degree of freedom (dk)=15, then the t table value is 2.131. the value of t count > t table or 5.422 > 2.131 can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant effect of the application of the discovery learning model on student learning outcomes in class XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah in the 2019/2020 learning year.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Panai Tengah tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem Respirasi manusia di kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi, seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22.Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test), diperoleh nilai thitung sebesar 5, 422 dan ttabel dengan α = 0,05, dk = 15 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,131. Nilai thitung > ttabel atau 5,422 > 2,131 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah  tahun pembelajaran 2019/2020
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi. Binomial: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Angkowo. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad. (2002). Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.
Abdulrahman. (2003). Media Pembelajaran, Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Chaeruddin. (2004). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.
Cintia, N I., Kristin F., Anugraheni I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77
Desfita. (2008). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Penerbit AV Publisher. Jakarta
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA, 7(2), 64-73
Helyati, & Wardhani, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Sel. Didaktika Biologi, 3(2), 89–95. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1499
Josephine, A K., Sawiji, H., Susantiningrum, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 14-35.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90-98
Majid, M. (2007). Presentase menarik. Bandung : Rosda Karya
Masdariah, M. (2018). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya - Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, Prodi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Makassar, 551-556.
Munir. (2008). Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Tarsito: Bandung
Nuraini. (2003). Media Electronik terbaru. Jakarta: Rineka Cipta
Rosarina, G., Sudin, A., Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena ilmiah, 1(1), 371-380
Sanjaya. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sadiman. (2003). Media Pembelajaran aktif dan efekif. Jakarta : Bumi Aksara
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 1-16.
Sari, E. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di SMA. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13171
Sundari, S. G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Discovery Learning. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 143–154.
Susanti, D., Kasmeri, R., & Versi, Y. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. JEMST: Journal Of Education in Mathematics, Science, and Technology, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Suryosubroto. (2002). Pembelajaran Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara,
Syahfitri. (2008). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Usman. (2000). Strategi Belajar dan Mengajar Micro Teaching. Ciputat: PT. Ciputat Press
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 21-28.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i2.2182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tarjuriah Tarjuriah, Risma Delima Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917