Study the Effectivity Learning Outcomes of 2 type Learning Cooperative Methods (Make a Match & Scramble ) At the Junior high school Students in Labuhanbatu District || Studi Efektifitas Hasil Belajar 2 Metode Belajar Kooperatif (Tipe Make a Match & Tipe Scramble ) Pada Siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu

Lilianti Lilianti

Abstract


This study aims to determine the comparison of student learning outcomes in the application of the Make a match learning method with the Scramble method on the subject matter of the Expression System. The research design used was a quasi experiment with a pretest-postest experiment group design. In the experimental class I who were taught using the Make a Match method the average score of student learning outcomes was 53,56 and the increase in the average score of student learning outcomes was 89,04. In the experimental class II which was taugh using the Scramble method the average score of student learning outcomes was 52,92 and the increase in the average score was 83,60. The results showed that there were differences in student learning outcomes between the experimental class I and experimental class II. These results indicate that the use of the Make a match learning method is more effective in improving student learning outcomes compared to the Scramble learning method in this study in second class (VIII) of Yapendak Ajamu Junior High School in 2019/2020 Learning Year.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran Make a match dengan metode Scramble pada materi pokok Sistem Eksresi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan kelompok pretest-postest experiment group design. Pada kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Make a match skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 53,56 dan kenaikan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89,04. Pada kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Scramble skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 52,92 dan kenaikan skor rata-rata 83,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Make a match lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran Scramble dalam penelitian ini dikelas VIII SMP Swasta Yapendak Ajamu Tahun Pembelajaran 2019/2020


Keywords


Make a match, Scramble, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., Veryliana, P., & Fatkhu, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i2.500

Berlian,Z., Aini,K., Nurhikmah,S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Bioilmi, 3(1), 23-30.

Curran, L. (1994). Metode Pembelajaran Make A Match. Jakarta : Pustaka Belajar.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Pada Siswa Kelas V Sd Negeri

Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Gultom, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Materi Animalia Di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Biologi, 2(2), 31-35.

Gultom, H.S.B. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Make a Match dengan Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Aek Natas. Jurnal Pembelajaran dan Biologi, 3(2), 36-37.

Hafsah, N. (2017). Perbandingan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dan Metode Make-A Match terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Takalar. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ilyas, M., & A, F. (2014). Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Sainsmat, 3(1), 62–75.

Maharta, A. (2017). Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Make A Match (MAM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Muntilam T.A 2016/2017. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustofa, B. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Make A Match dan Scramble Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nazliah,R., Harahap, D.R., Hasibuan, R.E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Respirasi di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jurnal Biolokus, 2(2), 180-185.

Nikmatinafiah, R., Maizora, S., & Yensy, N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Make a Match dan Scramble. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 275–284.

Rahmawati, T. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dan Make A Match Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Pada Kelas VII SMP Az-Zahra Bandung). Skripsi Universitas Islam Negeri Gunung Djati.

Said, M., Arsyad, M., & Nurlina, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(2), 120183.

Siregar, F. H., & Rahmatina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2882–2889.

Situmorang, M. V., Purba, N., & Gultom, B. T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match (MAM) dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Sistem Ekskresi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4041–4048.

Soedjadi, R. (2007). Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i2.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lilianti Lilianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)