The influence of Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Learning Method to Learning Outcome of Senior High School at Labuhanbatu District (in case on the Ecosystem Discussion) || Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten Labuhanbatu (dikaji pada Materi Ekosistem)

Samini Samini

Abstract


This study aims to determine the effect of biology student learning outcomes in the subject matter characteristics of living creatures that learned by using SAVI learning method in the seventh grade students of SMPN I Panai Tengah Labuhanbatu district in learning year 2019/2020. This type of research is a quasi experimental study. The research sample consisted of two classes chosen at random cluster sampling the experimental class and control class. Total students each sample were 40 people in the control group and 40 in the experimental class. To obtain the data used in this study researchers used the test as a means of collecting data as much as 40 multiple choice questions. From the calculation of normality test the experimental class using learning Metode "SAVI" there is value Sig. 0,200 > 0,05 then the population of normal distribution. Homogeneity test results biology student learning using Fisher test. Retrieved 0,226 > 0,05 then have a homogeneous variance. Hypothesis testing using t test, the test requirement is received H0 tcount <ttable, and thank Ha if the conditions are not met. 0,000 < 0,05 Ha accepted hypothesis H0 is rejected. It can be concluded that there is a significant impact on learning outcomes of students that learned by Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) method


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran (SAVI) pada siswa kelas X SMA Negeri I Panai Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah siswa masing-masing sampel adalah 40 orang pada kelas kontrol dan 40 orang pada kelas eksperimen. Untuk memperoleh data yang dipergunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes sebagai alat pengumpul data sebanyak 40 soal pilihan berganda. Dari hasil perhitungan uji normalitas pada kelas eksperimen menggunakan Metode pembelajaran SAVI terdapat Sig. 0,200 > 0,05, maka  populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistic SPSS Diperoleh 0,226 > 0,05 maka memiliki varians yang homogen. Hasil Uji t menunjukkan nilai 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa taraf signifikan α = 0,05 H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan Metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)


Keywords


Model Pembelajaran, Somatic Auditory Visualization Intelectualy (SAVI)

Full Text:

PDF

References


Aini, D F., Syaripudin T., Hendriani A. (2019). Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 246-254

Agustianti, S. (2020). Penerapan Model SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1596-1608

Alfiani, D A. (2016). penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 123-130

Azizah, N., Sujana A., Isrok’atun. (2016). Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual Pada Materi Sumber Energi Bunyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 491-500

Futiharrohmah., Lesmono AD., Supriadi, B. (2015). Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 44-58

Haerudin. (2015). Pembelajaran Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 22-33

Nio, T H. (2017). Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Untuk Meningkatkan Kreativitas, Kemandirian Belajar, dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Matematika. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika ke X Universitas Negeri Semarang, 509-522

Rahayu, A., Nuryani P., Riyadi AR. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111

Rahma, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Kelas V SD INPRES Ana Gowa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. 98 Halaman.

Rahmawati, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Berbantu Media Polisorita Terhadap Hasil Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Skripsi Prodi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. 126 Halaman.

Stefany, EM. (2015). Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual (SAVI): Implementasi Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SMP. Jurnal Edutik, 1(2), 1-7

Yuliana, D., Sisma R U A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 51-90

Yohani, DF., Rakhmat C., Mulyana E H. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedadidaktika, 1(2), 113-120




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i2.2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Samini Samini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 






Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)