Discovery Learning Assisted by Audiovisual Learning Media: Its Effect on Student Biology Learning Outcomes

Hafiva Hanum Siregar, Miza Nina Adlini

Abstract


Pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (Teacher centered) dapat menimbulkan rasa bosan siswa. Hal ini berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual dalam pembelajaran Biologi terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penelitian ini merupakan Eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan Non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA yang terdiri atas empat kelas dengan total 141 siswa. Sampel berjumlah dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, tiap kelas terdiri atas 36 siswa. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual, sedangkan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji t. dan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan sebagai pilihan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Serta penggunaan media audiovisual dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.

Keywords


Discovery Learning, Audiovisual, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah Maulana, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X Ipa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1).

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu, 4(1). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553

Ali, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 4(2). https://doi.org/10.34289/277895

Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial, 4(1). https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843

Aslam, D., & Auliandari, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Berbantu Data Penelitian Iklim Mikro Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Habitus Vegetasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 272-281).

Fadlilah, N., Sulisworo, D., & Maruto, G. (2020). The Effectiveness of a Video-based Laboratory on Discovery Learning to Enhance Learning Outcomes. Universal Journal of Educational Research, 8(8). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080843

Machfud, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Tarakan Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3). https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.645

Memel, J., & Qurbaniah, M. (2019). Pembelajaran Biologi Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sajingan Besar. JURNAL BIOEDUCATION, 6(1). https://doi.org/10.29406/bio.v6i1.1135

Noerhandayani, T., Suhara, S., & Solihat, R. (2021). Penggunaan POE-inqury melalui blended learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem respirasi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1). https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.34826

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Sari, N. F. (2018). Miskonsepsi Siswa Biologi Tentang Materi Sistem Respirasi Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9172

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Tanjung, I. F., Rohani, R., & Vera, N. M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2). https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.796

Tarjuriah dan Risma Delima Harahap. (2021). Kualitas Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 7(2), 280–289.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Yuliani, F., Herman, & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8.

Zauma, F. F., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2019). The Effectiveness of Discovery Learning Model using Audio-Visual Media. Journal of Primary Education, 8(7), 32–38.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hafiva Hanum Siregar, Miza Nina Adlini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)