Discovery Learning Assisted by Audiovisual Learning Media: Its Effect on Student Biology Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah Maulana, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X Ipa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1).
Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428
Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu, 4(1). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553
Ali, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 4(2). https://doi.org/10.34289/277895
Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial, 4(1). https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843
Aslam, D., & Auliandari, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Berbantu Data Penelitian Iklim Mikro Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Habitus Vegetasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 272-281).
Fadlilah, N., Sulisworo, D., & Maruto, G. (2020). The Effectiveness of a Video-based Laboratory on Discovery Learning to Enhance Learning Outcomes. Universal Journal of Educational Research, 8(8). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080843
Machfud, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Tarakan Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3). https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.645
Memel, J., & Qurbaniah, M. (2019). Pembelajaran Biologi Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sajingan Besar. JURNAL BIOEDUCATION, 6(1). https://doi.org/10.29406/bio.v6i1.1135
Noerhandayani, T., Suhara, S., & Solihat, R. (2021). Penggunaan POE-inqury melalui blended learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem respirasi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1). https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.34826
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Sari, N. F. (2018). Miskonsepsi Siswa Biologi Tentang Materi Sistem Respirasi Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9172
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Tanjung, I. F., Rohani, R., & Vera, N. M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2). https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.796
Tarjuriah dan Risma Delima Harahap. (2021). Kualitas Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 7(2), 280–289.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Yuliani, F., Herman, & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8.
Zauma, F. F., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2019). The Effectiveness of Discovery Learning Model using Audio-Visual Media. Journal of Primary Education, 8(7), 32–38.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hafiva Hanum Siregar, Miza Nina Adlini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917