Independence and Cognitive Learning Outcomes of Students with the Flipped Classroom Learning Model

Nadia Amanda Putri, Jodion Siburian, Ali Sadikin

Abstract


Kemandirian belajar siswa yang kurang dapat menyebabkan hasil belajar kognitif yang diperoleh juga kurang optimal. Hal ini dapat terjadi karena model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berupa model pembelajaran langsung (direct learning). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa. Desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 dengan jumlah masing-masing siswa adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar, dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data dengan uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan uji ancova. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa

Keywords


Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Al-Samarraie, H., Shamsuddin, A., & Alzahrani, A. I. (2020). A Flipped Classroom Model In Higher Education: A Review Of The Evidence Across Disciplines. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1017–1051. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09718-8

Ardila, A., Marzal, J., & Siburian, J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edumatica:

Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 66–77.

Arif, M. Z., Soeryanto, S., & Yunus, Y. (2021). Strategi Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jvte.v3n1.p1-8

Ario, M., & Asra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2477

Cacik, S., Pratama, F. Y., & Agustin, I. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.304

Choiroh, A. N. L., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping terhadap Prestasi dan Kemandirian Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–5.

Davies, R. S., Dean, D. L., & Ball, N. (2013). Flipping The Classroom And Instructional Technology Integration In A College-level Information Systems Spreadsheet Course. Educational Technology Research and Development, 61(4), 563–580. https://doi.org/10.1007/s11423-013-9305-6

Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.

Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104–122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122

Fatmawati, N., Riyanto, Y., & Setyowati, R. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar PPKN Kelas IV SDN Bligo. Jurnal Pajar: Pendidikan dan Pengajaran, 5(5), 1443–1460.

Ghufron, M. A., & Nurdianingsih, F. (2019). Flipped Teaching with CALL in EFL Writing Class: How Does It Work and Affect Learner Autonomy? European Journal of Educational Research, 8(4), 983–997. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.983

Goedhart, N. S., Blignaut-van Westrhenen, N., Moser, C., & Zweekhorst, M. B. M. (2019). The Flipped Classroom: Supporting A Diverse Group Of Students In Their Learning. Learning Environments Research, 22(2), 297–310. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09281-2

Guo, J. (2019). The Use of An Extended Flipped Classroom Model in Improving Students’ Learning in An Undergraduate Course. Journal of Computing in Higher Education, 31(2), 362–390. https://doi.org/10.1007/s12528-019-09224-z

Hermansyah, Muslim, & Ihlas. (2020). Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 di Pendidikan Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 215–226.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Hsieh, B. (2017). Step by Step, Slowly I Flip. In Green, L.S., Banas, J.R., & Perkins, R.A. (Ed.), The Flipped College Classroom: Conceptualized and Re-Conceptualized. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-41855-1

Jannah, N., & Khairuna. (2022). The Influence of Learning Outcomes Using the Entrepreneurship- Based of Project Based Learning ( PJBL ) Model : The Application to the First Grade ( X th class ) of Senior High School Student in Mushroom Material Pengaruh Model Pembelajaran Project Based. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(2), 430–441.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dalam Proses Pembelajaran pada Guru MTS Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Khasawneh, N. A. S. (2022). The Effectiveness of a Flipped Classroom Strategy in Developing Grammatical Concepts Among Fifth Grade Primary School Students. European Journal of Educational Research, 11(1), 207–216. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.207

Khoirotunnisa, A. umi, & Irhadtanto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classrom Tipe Traditional Flipped Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 153–163. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1637

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25–50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(2), 59–65.

Muslimawati, Z. Z., Surahman, E., & Ramdani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Seminar Nasional Biologi, Saintek,

dan Pembelajarannya (SN-Biosper), 208–212.

Nasution, A. M., & Adlini, M. N. (2022). The Influence of the Cycle 5E Learning Model on Students ’ Critical Thinking Ability. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(2), 451–458.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Nouri, J. (2016). The Flipped Classroom: For Active, Effective and Increased Learning – Especially for Low Achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(33), 1–10. https://doi.org/10.1186/s41239-016-0032-z

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom (M. Kika (ed.); 1 ed.). Penerbit Andi.

Purba, S. E. E., Kristiani, K., Sangka, K. B., & Hussain, O. K. (2021). The Flipped Classroom: An Overview of its Impact on Economics Learning. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 5(1), 26–34. https://doi.org/10.20961/ijpte.v5i1.49750

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Putri, Y., Cahyono, E., & Indriyanti, D. R. (2021). Implementation of Flipped Classroom Learning Model to Increase Student’s Critical Thinking Ability. Journal of Innovative Science Education, 10(2), 143–151.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, A., & Nuraeni, Z. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi SPLDV Kelas VIII Berbantuan Video Animasi. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 6(2), 50–60.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Reidsema, C., Hadgraft, R., & Kavanagh, L. (2017). Introduction to the Flipped Classroom. In Reidsema, C., Hadgraft, R., Kavanagh, L., & Smith, N (Ed.), The Flipped Classroom: Practice and Pratices in Higher Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8_7

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Roehling, P. V. (2018). Flipping the College Classroom: An Evidence-Based Guide. Palgrave Pivot.

Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15–19. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3

Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794–2808. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535

Santhanasamy, C., & Yunus, M. M. (2022). A Systematic Review of Flipped Learning Approach in Improving Speaking Skills. European Journal of Educational Research, 11(1), 127–139. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.127

Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektivitas Penerapan Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa melalui Jejaring Schoology di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/5366

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77.

Winarsih, M. (2021). Buku Pedoman Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Media dan Informasi. Bintang Pustaka Madani.

Wolff, L.-C., & Chan, J. (2016). Flipped Classrooms for Legal Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0479-7




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i3.3141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadia Amanda Putri, Jodion Siburian, Ali Sadikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)