Analysis of Scientific Literacy in Class IX Middle School Students of Rantau Utara Regency in Science Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwisetiarezi. D., & Fitria. Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Fuadi, H., Robbia, A. Z., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116.
Haerani Aisyah Siska Siti , Dadi Setiadi, D. A. C. (2020). Pengaruh model inkuri bebas terhadap kemampuan literasi sains. J. Pijar MIPA, 15(2), 140–144. https://doi.org/ 10.29303/jpm.v15i2.1682
Harahap Gyta Sari Dharma , Nasution Fauziah , Nst Sumanti Eni, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v6i1.193
Irwan Pratiwi Andi, Usman, A. D. B. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di Sman 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 17–24. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13494
Mufida Nofiana1, T. J. (2017). Profil kemampuan literasi sains siswa SMP di kota purwekerto ditinjau dari aspek konten , proses dan konteks sains. Jurnal Sains Ssosial Dan Humaniora, I(2), 77–84.
Noviana Eko Naning, solichin R. S. M. (2021). pengaruh penggunaan media pembelajaran online (Whatsapp dan Zoom) terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid -19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 60–64. https://doi.org/10. 26740/jupe.v9n2.p60- 64
Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Meta-Analisis Literasi Sains Siswa di Indonesia. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209–215. http://journal .unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Nuro Roisatul Mar’atin Falistya , Suwandayani Istanti Beti, M. N. I. (2020). Penerapan Literasi Sains di Kelas IV Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 8(2), 179–187. http:// ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
putri ruslina tiya, masriani, rasmawan rahmat, hairida, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Tanjungpura. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 164–179. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.25460
Rosidi, I. (2021). Profil literasi sains aspek kompetensi siswa pondok pesantren di masa pandemi dengan menggunakan penilaian berbasis digital. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1), 1–9.
Santoso Ririn, R. F. dan S. joko. (2021). Analisis literasi lingkungan siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(02), 1976–1982. https://journal.unesa.ac.id/index. php/jpps jpps@unesa.ac.id
Sukowati, D., Rusilowati ani, & Sugianto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Physics Communication, 1(1), 16–22. http://journal. unnes.ac.id/nju/index.php/pc
Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi sains dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran sistem ekskresi menggunakan pedoman praktikum berbasis literasi sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 32–36. http://ejournal.upi.edu /index. php/asimilas
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683. https://doi.org/htttps://doi.org/10. 47492/jip.v1i12.530
Tasdik Nur Rinrin, A. R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 510–521.
Winata Anggun, Cacik Sri, I. S. R. W. (2016). Analisis kemampuan awal literasi sains mahasiswa pada konsep Ipa. Education and Human Development Journal, 01(01).
Wulandari Nisa, S. H. (2020). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa smp pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66–73.
Yusuf, A. M., Hidayatullah, S., & Tauhidah, D. (2022). Hubungan Literasi Digital dan Saintifik dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA. ASSIMILATION: INDONESIAN JOURNAL OF BIOLOGY EDUCATION, 5(1), 8–16.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v9i3.4696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tri Suryani Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917