Indexing metadata

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Valentinus Operianus Laia; PPG Universitas Labuhanbatu
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Amin Harahap
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Jamaluddin Abduh
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Tujuan penulisan best practice ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan keaktifan  siswa kelas VIII melalui model pembelajaranproject based learning pada materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilakukan secara  kolaboratif.  PTK  Kolaboratif  dilakukan  dengan  bekerjasama  antara  peneliti dengan  Guru  yang  tujuannya  untuk  peningkatan keaktifan  siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Subjek Penelitian ini adalah siswa VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Kelas 8. Hasil yang diperoleh adalah: (1. Berdasarkan skor rata-rata aktivitas peserta didik dari 10 aspek pada lembar observasi peserta didik adalah 84%, Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik penerapan model pembelajaran berbasis proyek materi kesebangunan untuk pertemuan pertama siklus 2 tergolong kategori aktif atau kategori baik. (2. Berdasarkan tabel tes hasil belajar peserta didik ditemukan rata-rata nilai 83.03, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek kegiatan pertemuan pertama siklus 2 pada kategori Baik. Dari kedua kategori hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bawah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sangat baik untuk meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo.

 
5. Publisher Organizing agency, location Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2024-05-28
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/5774
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5774
 
11. Source Title; vol., no. (year) JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS); Vol 10, No 1 (2024)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)