Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Valentinus Operianus Laia; PPG Universitas Labuhanbatu |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Amin Harahap |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Jamaluddin Abduh |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | |
4. | Description | Abstract | Tujuan penulisan best practice ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan keaktifan siswa kelas VIII melalui model pembelajaranproject based learning pada materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. PTK Kolaboratif dilakukan dengan bekerjasama antara peneliti dengan Guru yang tujuannya untuk peningkatan keaktifan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Subjek Penelitian ini adalah siswa VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Kelas 8. Hasil yang diperoleh adalah: (1. Berdasarkan skor rata-rata aktivitas peserta didik dari 10 aspek pada lembar observasi peserta didik adalah 84%, Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik penerapan model pembelajaran berbasis proyek materi kesebangunan untuk pertemuan pertama siklus 2 tergolong kategori aktif atau kategori baik. (2. Berdasarkan tabel tes hasil belajar peserta didik ditemukan rata-rata nilai 83.03, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek kegiatan pertemuan pertama siklus 2 pada kategori Baik. Dari kedua kategori hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bawah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sangat baik untuk meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2024-05-28 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/5774 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5774 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS); Vol 10, No 1 (2024) |
12. | Language | English=en | en |
13. | Relation | Supp. Files | |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2024 JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) |