Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo

Valentinus Operianus Laia, Amin Harahap, Jamaluddin Abduh

Abstract


Tujuan penulisan best practice ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan keaktifan  siswa kelas VIII melalui model pembelajaranproject based learning pada materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilakukan secara  kolaboratif.  PTK  Kolaboratif  dilakukan  dengan  bekerjasama  antara  peneliti dengan  Guru  yang  tujuannya  untuk  peningkatan keaktifan  siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Subjek Penelitian ini adalah siswa VIII SMP Negeri 3 Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Kelas 8. Hasil yang diperoleh adalah: (1. Berdasarkan skor rata-rata aktivitas peserta didik dari 10 aspek pada lembar observasi peserta didik adalah 84%, Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik penerapan model pembelajaran berbasis proyek materi kesebangunan untuk pertemuan pertama siklus 2 tergolong kategori aktif atau kategori baik. (2. Berdasarkan tabel tes hasil belajar peserta didik ditemukan rata-rata nilai 83.03, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek kegiatan pertemuan pertama siklus 2 pada kategori Baik. Dari kedua kategori hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bawah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sangat baik untuk meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi kesebangunan di SMP Negeri 3 Ulunoyo.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.