HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA
Rahma Muti'ah
Abstract
Hartono dan Sunarto (2002) menambahkan siswa untuk yang baru belajar sekolah mungkin akan menambah kesulitan belajar, yaitu pertentangan antara belajar dan ingin ikut aktif dalam kegiatan sosial, kegiatan ekstrakurikuler dan sebagainya. Mereka juga mungkin akan menghadapi masalah dengan guru-guru, teman-teman dan mata pelajarannya. Sebagai hasil antara yang lain adalah hasil belajar siswa mungkin semakin menurun dengan hasil belajar di sekolah selanjutnya. Berdasarkan penjabaran diatas maka peneliti akan melakukan penelitian dengan judul Hubungan kecerdasan siswa dengan kemampuan mendukung remaja. Dari hasil analisis data diperoleh dengan regresi Y atas X membuat garis linier dengan persamaan regresi Y = 23.394 + 0.656X, artinya koefisien b dinamakan koefesien Arah regresi linier dan menyatakan setiap perubahan rata-rata Y untuk setiap variabel X sebesar satu unit. Perubahan ini merupakan pertambahan karena b = 0,656 (positif). Kecerdasan emosional siswa terhadap kecakapan percakapan remaja memberikan hubungan yang positif. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh thitung = 6,927> ttabel = 2,040. Dengan demikian, ada hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kemampuan belajar diri remaja. Dan 57%, 57%, sedangkan yang lain tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan remaja. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Dibagikan sendiri Perubahan ini merupakan pertambahan karena b = 0,656 (positif). Kecerdasan emosional siswa terhadap kecakapan percakapan remaja memberikan hubungan yang positif. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh thitung = 6,927> ttabel = 2,040. Dengan demikian, ada hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kemampuan belajar diri remaja. Dan 57%, 57%, sedangkan yang lain tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan remaja. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Dibagikan sendiri Perubahan ini merupakan pertambahan karena b = 0,656 (positif). Kecerdasan emosional siswa terhadap kecakapan percakapan remaja memberikan hubungan yang positif. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh thitung = 6,927> ttabel = 2,040. Dengan demikian, ada hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kemampuan belajar diri remaja. Dan 57%, 57%, sedangkan yang lain tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan remaja. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Dibagikan sendiri ttabel = 2.040. Dengan demikian, ada hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kemampuan belajar diri remaja. Dan 57%, 57%, sedangkan yang lain tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan remaja. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Dibagikan sendiri ttabel = 2.040. Dengan demikian, ada hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kemampuan belajar diri remaja. Dan 57%, 57%, sedangkan yang lain tergantung pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan remaja. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Dibagikan sendiri
References
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Ahmadi. 1991. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. Yogyakarta : BIna Pustaka
E. Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosda karya
Hurlock. 1993. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda karya
Sumadi. 1987. Faktor-Faktor yang mempengaruhi hasil Belajar. Bandung : Angkasa
Sudjana, Nana. 1987. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rhineka Cipta
Purwanto, Ngalim. 1995. Ilmu Pendidikan dan Teoritis. Jakarta : Remaja Rosda Karya
Ahmadi, HA. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Atkinson, Rital. 1991. Pengantar Psikologi. Alih Bahasa Nurjannah Taufiq. Jakarta : Bumi Aksara
Bahri, Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Gunansa, Singgih. 1994. Psikologi Penyuluhan dan Bimbingan di Sekolah. Jakarta : Gramedia
Slameto, 1991. Belajar dan fak tor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : R. Cipta
DOI:
https://doi.org/10.36987/jiad.v4i2.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
https://sobrelatierra.agro.uba.ar/
slot gacor 10k
situs slot gacor
slot depo 10k
slot gacor hari ini
slot depo 10k
https://cte.vnu.edu.vn/event/
https://asor.app.br/
https://dubaiastronomy.com/thomas/
<
slot gacor
romanobet
slot gacor
https://www.lbma.lt/registracija/kaisiadorys/
https://diaa.asn.au/
https://mihandownload.com/undertale/
slot gacor
https://ci2c.uncp.edu.pe/
https://larioja.ugt-sp.es/
https://www.mamagazine.es/planes/
https://bankjombang.co.id/wlshowcase/info-lelang/
slot gacor
https://summer.rpschool.gr/
https://revista.sbfoton.org.br/contato/
https://www.christofoerster.com/datenschutzerklaerung/
https://pppm.stikesbanyuwangi.ac.id/jurnal/
https://sishir.buet.ac.bd/
https://portalbalikpapan.com/disclaimer/
https://verdadabierta.com/periodo4/
https://csdmm.da.upm.es/
https://www.katebushnews.com/homeground/
beton138
https://www-al.nii.ac.jp/ai-task/
https://etsiaab.da.upm.es/
https://www.lpktn.gov.my/
slot online terpercaya
JMTOTO
slot88
Aka4d
situsneko77.com
JCO69
JMTOTO
Bk8
slot


https://garudafood.org/
ak4d
https://radenfatah.id/
scatter hitam
slot gacor
dragon969
slot777
zonatoto
link gacor
https://montes.da.upm.es/
https://topografia.da.upm.es/
slot gacor depo 10k
situs slot
slot 4d
bandar togel
gacor
Slot88
agen judi bola
slot gacor maxwin
link slot gacor
situs toto
slot gacor
toto 4d
slot gacor
link gacor
slot gacor
data macau
slot gacor
koin404
harta88
https://mcfinans.com/
slot
ajo89
agen judi bola
pin4d
pin4d
https://rockcomciencia.crp.ufv.br/
https://admission.wnpism.uw.edu.pl/
slot gacor gampang menang
UUSTOTO
slot terbaik
hoki138
HOKI138
slot gacor
slot gacor
slot
situs slot gacor
https://linklist.bio/rekening777/
slot receh
situs gacor
slot gacor