PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG DIAJAR DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DAN METODE EKSPOSITORI PADA SUB POKOK PEMBAHASAN SPLDP DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 RANTAU UTARA

Muhammad Yunus

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui apakah hasil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan metode pemecahan lebih baik dari yang diajar dengan metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Populasi penelitian dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara yang terdiri dari 280 orang siswa dan terdiri atas delapan kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara  random sample yaitu dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas secara acak dari delapan kelas yang ada, yang terambil adalah VIIIA sebanyak 36 orang siswa dan VIIIB sebanyak 36 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok sampel penelitian. Hasil analisis data penelitian diperoleh diperoleh thitung =1,7678< Ftabel . Pada dk = 70 dan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6689. Sehingga  thitung > ttabel (1,7678< 1,6689). Maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yaitu: kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan Metode pemecahan Masalah lebih baik kemampuan siswa yang diajar dengan Metode Ekspositori.

Full Text:

PDF

References


A, M. Cholik. 2004. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Penerbit Erlangga. Jakarta

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Amir, M. Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melalui Metode Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Cunayah, Cucun. 2005. Ringkasan Dan Bank Soal Matematika SMP/MTS. Penerbit Yrama Widya. Bandung

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Insyoroh, N. 2010. Perbedaan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Dikelas XI SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Skripsi. Universitas Negeri Medan. Medan

Mudjiono. & Dimyati. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta Jakarta

Poerwardarminta. 1996. Kamus Bahasa Indonesia. Cipta Media. Surabaya

Syah, Muhibin. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta

Sudijiono, A. 2009. Mengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Tarsito. Bandung

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung

Tim Dosen. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Universitas Negeri Medan. Medan

Tim SBM. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Medan. Medan




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i1.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.