Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Alat Peraga Papan Sisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Hayatun Nufus

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif  tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga papan sisi lebih baik daripada  kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan melalui model pembelajaran Direct Intruction. Penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Lhoksukon pada kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) sedangkan kelas yang kedua adalah kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran langsung. Populasi  dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N7 Lhoksukon yang terdiri dari 2 kelas. Instumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan alat peraga papan sisi lebih baik dari pembelajaran Direct Instruction pada materi Relasi kelas VIII di SMP N7 Lhoksukon. Hal ini sesuai dengan perolehan nilai Z sebesar -2,039dengan signifikan 0,041. Penelitian ini menggunakan uji satu pihak, nilai sig tersebut dibagi dua menjadi 0,0205 dimana nilai signifikan tersebut < 0,05 dengan demikian hipotesis Ho ditolak. Artinya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga papan sisi lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembalajaran dengan model pembelajaran langsung.


Full Text:

PDF

References


Fauziyyah, L,. A. 2018. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Rulung Raya Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakterâ€.Jurnal didaktik matematika. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075/2029

HayatunNufus. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP Negeri Lhokseumawe. Tesis. Universitas Negeri Medan

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan:Media Persada

NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sary, Y., N., E. 2018 Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Sugyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.