PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TAPPS MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERPISAH DAN TIPE TPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI SMAN 2 RANTAU SELATAN

Lily Rohanita Hasibuan, Sakinah Ubudiyah Siregar, Eva Juliyanti, Marwah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada materi Ruang Dimensi Tiga yang diajar dengan Model Kooperatif Learning Tipe TAPPS dengan Alat Peraga Terpisah Lebih baik daripada siswa yang diajar dengan Tipe TPS di Kelas X SMAN 2 Rantau Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan 2 Kelas yang terdiri dari 2 Kelompok eksperimen yaitu kelas eksperimen I kelas X-9 dengan model pembelajaran Tipe TAPPS dengan Alat Peraga Terpisah berjumlah 36 siswa, sedangkan kelompok eksperimen II kelas X-8 dengan model pembelajaran Tipe TPS  dengan Alat Peraga Terpisah berjumlah 40 siswa.Tes berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan mengadakan tes kepada siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pre tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan post tes dilakukan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil penghitungan diperoleh thitung (th) sebesar 3,386. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk 74 sebesar 1,993 ternyata thitung  lebih besar dari ttabel Karena thitung  >  ttabel  (3,386  > 1,993)  maka H 0 ditolak H a diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik dibandingkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model Think – Pair – Share (TPS) di SMAN 2 Rantau Selatan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Clemens, Stanley R. (1984). Geometry with Applications and Problem Solving. Canada: Addison-Wesley..

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Medan.

Johnson & Chung. (1999). The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) on the Troubleshooting Ability of Aviation Technicion Students. Journal of Industrial Teacher Education, Volume 37, Number 1. Tersedia di http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v37n1/john.html. (diakses 3-2-2013).

Marwanta, dkk. (2009). Mathematics For Senior High School Year X. Bandung: Yudistira.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston VA. Tersedia di http://www.nctm.org/. (diakses 23 Mei 2012).

Pate, Wardlow dan Johnson (2004). Effects of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Troubleshooting Performance of Undergraduate Agriculture Students In A Power Technology Course. Journal of Agricultural Education, Volume 45, Number 4. Tersedia di http://pubs.aged.tamu.edu/jae/pdf/Vol45/45-04-001.pdf. (diakses 5-12-2012).

Pate, dan Miller. (2004). Effects of Think-Aloud Pair Problem Solving on Secondary-Level Students’ Performance in Career and Technical Education Courses. Journal of Agricultural Education, Volume 52, Number 1. Tersedia di http://www.jae-online.org/attachments/article/1535/52.1.120. Pate,pdf. (diakses 5-12-2012).

Polya, G. (1973). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Rawuh, dkk. (1975). Ilmu Ukur Ruang Teori dan Soal-soal. Bandung: Tarate

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Stice, J. E. (1987). Teaching Problem Solving. Tersedia di http://educa.univpm.it/problemsolving/stice_ps.html. (diakses 3-2-2013)

Sudjana. (2005). Metode Statistika . Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suyitno, A. (2011). Buku Ajar Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Tampomas, Husein. (2008). Seribu Pena Matematika Jilid 1 Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.