PENGARUH PENGGUNAN MOBILE BANKING DAN BIAYA ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG RANTAUPRAPAT

Andre Syafrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan Mobile Banking Dan biaya administrasi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Rantauprapat, baik secara parsial maupun simultan,Penentuan tehnik sampel menggunakan pendapat arikunto dengan jumlah 40 orang dan Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa Mobile Banking (X1) dan biaya administrasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Rantauprapat, dengan nilai variabel Mobile Banking thitung sebesar 3,018 sedangkan t tabel 1.689 (thitung lebih besar dari ttabel). Sementara untuk variabel biaya administrasi nilai thitung sebesar 2.608 sedangkan ttabel 1.689 (t hitung lebih besar dari ttabel). Hasil pengujian hipotesis secara Simultan (uji F) menunjukkan bahwa Mobile Banking (X1) dan biaya administrasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Rantauprapat, dengan nilai fhitung sebesar 10,371 sedangkan ftabel 2,64 (fhitung lebih besar dari ftabel). Hasil pengujian Koefisien determinasi (R2) dapat diketahui nilai Adjusted R square sebesar 0,419 atau 41,9% menunjukkan bahwa Mobile Banking dan Biaya Administrasi secara simultan memberikan kontribusi terhadap Kepuasan nasabah sebesar 41,9%.

Keywords


Mobile Banking ,Biaya Administrasi, Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Andrew. (2016). analisis kinerja pegawai. In Manajemen sumber daya manusia perusahaan (pp. 10–12). karya kencana.

Arikunto. (2017). metopel. In metode penelitian (edisi ke t, p. 213). Cv. Pustaka setia.

Badriah, M. (2019. kinerja pegawai. In Manajemen pemasaran (Cetakan I, p. 219). Cv. Pustaka setia.

Mangkunegara. (2018). Kesehatan Kerja. In Manajemen Tenaga Kerja Indosnesia. Pendekatan Administratif Dan Operasional (pp. 161–162). gramedia.

Porter dan Lawyer, I. (2018). analisis biaya dan tenga kerja. Pengaruh Biaya Terhadap Semangat Kepuasan konsumen Di UD. Pakem Sari,Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, 13(1), 14–33.

Salinding (2016). kesehatan kerja. ’Pengaruh Mobile banking dan kecepatan aplikasi Terhadap kepuasan Nasbah Pada PT. semangat jaya, 13(1), 113.

Setiawan, K. C. (2018). Kepuasan nasabah. jurnal’’Pengaruh Pelayanan dan Biaya administrasi Terhadap kepuasan Nasabah Pada PT.Cipta Agung Palembang, 13(1), 34.

Sugiyono. (2017). metopel. In metode penelitian (p. 117). Cv. Pustaka Setia.

Stanford. (2019). tipe kinerja pegawai. In Manajemen Pemasaran produk (edisi pert, p. 151). Penerbit Kencana.

Wandasari. (2018). expetasi Kepuasan Konsumen. Pengaruh pelayanan, Komunikasi,Dan kualitas produk Terhadap Kepuasan konsumen Pada PT.BFI rantau prapat, 13(1), 231.

Wiliam. (2019). manejemen sdm. Pengaruh Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen Di Kampung Batu Malakasari Tektona Waterpark Kabupaten Bandung, 13(1), 22–44.




Copyright (c) 2025 JIMPAS (Jurnal Ilmu Manajemen Pascasarjana)