Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Pengiriman Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Medan

Yani Devina Safitri, Sugianto Sugianto

Abstract


This study aims to examine and analyze the effect of promotion and service on people's decisions in using the delivery service of PT Pos Indonesia (Persero) Medan City. The research method used is a quantitative method. Data collection techniques were collected through a questionnaire with a sample of 80 people, then tested for validity and reliability. The data analysis technique used is the classical assumption test, multiple regression, t test, f test, and the Coefficient of Determination (R-Square).Based on the results of the analysis, it can be concluded, 1. Promotion affects people's decisions to use post office services, 2. Service affects people's decisions to use post office services, 3. Promotion and services simultaneously affect people's decisions to use post office services.


Full Text:

PDF

References


Anastasi Diana, Fandi Tjiptono. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi, 2006

Andrian Payne. The Essens of Service Marketing Pemasaran Jasa. Prentice Hall. Essence of Management Series.

Assauri, Sofyan. 1996, Manajemen Pemasaran. Jakarta, Penerbit Rajawali Perss.

Departemen Agama RI, Syammil Al-Qur’an Miracle. Bandung: SYGMA PUBLISHING, 2010.

Didin Hafidudin and Hendri Tanjung, Manajemen Syari’ah Dalam Praktik (Jakarta: Gema Insani, 2003), hlm 56

Dkk, Dwi richa Farokha Dkk, “Kualitas Pelayanan Pengiriman Pos Express Di PT. Pos Indonesia Cabang Baratajaya Surabaya†03, No. 01 (2015): hlm. 59-60.

Fitria, A. dan imam Hidayat, 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6. No.4.

George R. Terry. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.

H.B Siswanto, Pengatar Managemen (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Hamid Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Penerbit ALFABETA. 2011) hal. 23.

Juliansyah Noor. Metodelogi Penelitian, skripsi, tesis, dan karya Ilmiyah. Jakarta: Kencana,2012.

Krisnawati, Imilda. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di J&T Ekspres Cabang Nganjuk†01,no.02 (2017). http/simki.unpkediri.ac.id.

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Musbah Jakarta: Lentera Hati: 2002.

Maulana Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Maulida Agustinus Zaman, Nizar Alam Hamdani “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta†16,no.02 (2017). http.docplayer.com.

Muhammad Arief “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Perdagangan Kec. Bandar Kab. Simalungun†Skripsi, karya dan Karya Ilmiah, Univeristas Sumatera Utara, (2017). http://jurnal.usu.ac.id.

Muhammad Firdaus, Ekometrika Suatu Pendekatan Alplikatif (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004), hlm. 88.

Nana Syaodih, Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013) hal. 53.

Nur Asnawi Masyhuri, “Metodelogi Riset Manajemen Pemasaran†(Riset, Malang, UIN-Maliki Press, 2011), hlm. 171.

Pemasaran Bank, 2014, hlm. 185

Philip Kotler, Managemen Pemasaran (Jakarta: Macan Jaya Cemerlang, 2007), hlm. 485.

Sistem Pendukung Keputusan. Bandung Remaja Rosdakarya, 2000.

Siti Widianti “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa JNE di Sidoarjo†Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang (2017). http://etheses.uin-malang.ac.id.

Soelistio “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta)†Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, (2016). http://eprints.uny.ac.id

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RSD (Jakarta: Alfabeta, 2016), hlm. 85.

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, (Jakarta: KENCANA, 2013) hal. 2.

Ujang Samarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemancaran (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 9.

Wardani, Dharu Kusuma, Patricia Diana Paramita dan Maria M. Minarsih, Pengaruh produk, Harga dan Promosi terhadap Konsumen yang Berdampak pada Repurchase Itention, Journal of Management Universitas Pandanaran, Vol.02 No.02, Maret 2016, Semarang.

Weens, Jackson R.S. (2013), Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4 tahun 2013, Universitas Sam Ratulangi, Manado.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i4.3232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418