Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Eiger Di Kota Langsa
Abstract
This study aims to determine the effect of lifestyle, online promotion on consumer purchasing decisions on Eiger products in Langsa City. The sample used in this study amounted to 96 respondents. The data analysis method used multiple linear regression analysis, t test, F test, and coefficient of determination test. The regression equation in this study is Y = 4.219 + 0.330X1 + 0.294X2. Lifestyle has a significant effect on purchasing decisions on Eiger products in Langsa City as evidenced by the t test, where the t sig value is obtained. 0.023 < 0.05. Online promotion has a significant effect on purchasing decisions on Eiger products in Langsa City as evidenced by the t test, where the t sig value is obtained. 0.035 < 0.05. Lifestyle, online promotion and brand trust simultaneously have a significant effect on purchasing decisions on Eiger products in Langsa City as evidenced by the F test, where the F sig value is obtained. 0.000 < 0.05. From the coefficient of determination test, it is known that the Adjusted R Square value is 0.604. That is, the variables of lifestyle, online promotion and brand trust affect purchasing decisions on Eiger products in Langsa City by 60.4%, while the remaining 39.6% is influenced by other variables outside this research model.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A, 2015, Manajemen Pemasaran Strategi, Salemba Empat, Jakarta.
Alma, Buchari, 2016, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Daryanto, 2011, Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Sarana Turtorial Nurani Sejahtera, Bandung.
Engel, James F, Roger D. Blackwell, 2013, Perilaku Konsumen, Bina Aksara, Jakarta.
Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Jogiyanto, Hartono, 2014, Metode Penelitian Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2014, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Keshari, P. & Kumar, N. (2011). Purchase Decision Involvement: A Study of Edible Oils. Prestige International Journal of Management and Research, 3/4(2/1), 58-62.
Noor, Juliansyah, 2011, Metodologi Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta.
Nugroho, J Setiadi, 2012, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana Prenada Media, Bogor.
Rangkuti, Freddy, 2012, Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated. Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rizan, Mohammad, 2012, Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol 3 No 1;1-16.
Sangadji, E.M dan Sopiah, 2013, Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Andi, Yogyakarta.
Sari, Melia Purwita, 2020, Pengaruh Harga, Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U, Jurnal Enterpreneur dan Bisnis, Vol 1 No 2; 1-21.
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie L, 2012, Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sumarwan, Ujang, 2012, Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sunyoto, Danang, 2012, Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, CAPS, Yogyakarta.
Hoeffler, Steve., Keller, Kevin Lane. (2003). The Marketing Advantages of Strong Brands. Brand Management, Vol. 10, No.6.
Tjiptono, Fandy, 2012, Strategi Bisnis Pemasaran, Andi, Yogyakarta.
Yuli, 2021, Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Online dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Miniso di Asahan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA), Jurnal Manajemen Ekonomi Sains, Vol 2 No 2;21-32.
DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i3.3710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI:Â 10.36987/jumsi
E-ISSN:Â 2774-4221
Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418