Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Banking Pada Layanan BSI Mobile Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT)
Abstract
This study aims to see how the level of acceptance and use of the BSI mobile service system is measured using the UTAUT (Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology) model and find out what are the factors that influence customers in using BSI mobile services to students of the Faculty of Economics and Business. Islamic Business, State Islamic University of North Sumatra, batch 2018. This study has a sample of 100 students using a quantitative approach obtained from primary data sourced from customer survey results and secondary data. The data analysis techniques used are Descriptive Statistical Analysis, Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Kolmogorov-Smirnov Test, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity Test, t Test, F test, coefficient of determination test and multiple linear regression test using SPSS 25. So the results of data analysis on the hypothesis testing of performance expectations and social influence do not have a positive effect, then the variables of business expectations and condition of facilities have a positive effect.
Full Text:
PDFReferences
Achmad Sani dan Masyhuri Machfudz.(2010). Metodologi Riset Manajemen SumberDaya Manusia. Malang : UIN-Maliki Press.
Soemitra, Andri (2009). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah (Jakarta:Kencana Prenada Media Group,).
Bank BSI. (n.d.). BSI Jadikan BSI mobile sebagai Lokomotif Pengembangan Ekonomi Syariah. Diunduh Pada Tanggal 9 Desember 2021. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/345
Fatimah, D. S. dan S. (2020). Metodologi Penelitian.
Febrianti, D., Hidayah, S. A. L., Abdullah, A., & Lawita, N. F. (2021). Penerapan Basis Data pada Perusahaan Perbankan (Studi Kasus Penerapan BSI mobile pada Bank Syariah Indonesia). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3686–3693.
Khairani, Gina Ayyudia dan Refi Rifaldi Windya Giri. (2020). Analisis Adopsi Penggunaan BSI mobile Menggunakan Model Utaut Modifikasi Dengan Budaya Sebagai Moderator Di Kalimantan Timur, Jurnal Mitra Manajemen.
Harish, I. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan Nasabah Dan Kualitas Layanan BSI mobile Terhadap Kepuasan Nasabah.
Henderi Mohammad. Santosa Mulyo Diningrat, dan Bambang Soedjiono. (2019). Evaluasi Penerimaan Aplikasi BSI mobile BNI Terhadap Minat Nasabah Menggunakan UATUT (Studi Kasus : BNI Cabang UGM). Jurnal Informa. Vol 5 N0 4.
Hutagalung, Rio Ariangga dan Wahyu Syarvina. (2022). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Medan Tahun 2020 (DPMPPTSP), Jurnal Ekonimi Manajemen Akuntansi dan Keuangan, Vol. 3 No. 3.
Isnaini Harahap. (2015). Rencana Induk Pengembaangan (RIP) Program Studi Ekonomi Islam. Medan : FEBI UIN-SU Press.
Jeffry Z. C. Nelwan, SP., MM., Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE., MS., Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE., MP., Dr. Ni Wayan Ekawati, SE., M. (2021). Layanan Internet Banking dan BSI mobile di Bank KB Bukopin.
Kemp, S. (n.d.). Digital 2022: Indonesia. Diunduh Pada Tanggal 7 Maret 2022. https://datareportal.com/digital-in-indonesia
Khairani, G. A., & Giri, R. R. W. (2020). Analisis Adopsi Penggunaan BSI mobile Menggunakan Model Utaut Modifikasi Dengan Budaya Sebagai Moderator Di Kalimantan Timur. Jurnal Mitra Manajemen, 4(7), 1025–1035. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.420
Khasanah, A. U. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi BSI mobile Di Bri Syariah Kantor Cabang Madiun (Vol. 3).
Maharani, Y. (2015). Aplikasi Penggunaan Teknologi Electronic Banking (E-Banking) sebagai Jasa Perbankan Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Medan. Skripsi, Program Studi D-III UIN Sumatera Utara Medan.
Manusia, M. R. M. S. D. (2010). Achmad Sani dan Masyhuri Machfudz.
Marliyah, Ridwan, M., & Sari, A. K. (2021). The Effect of E-Service Quality on Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2717–2729.
Muladi, A. (2021). Efektivitas Sistem Layanan BSI mobile Dalam Merespon Kebutuhan Nasabah Di Era Pandemic Covid-19 (Studi Pada Nasabah PT Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Bulukumba Sam Ratulangi).
Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Janner Simarmata, Ramen A. Purba, Moch Yusuf Tojiri, Amin Ama Duwila, Muhammad Noor Hasan Siregar, Lora Ekana Nainggolan, Elisabeth Lenny Marit, Acai Sudirman, I. S. (2020). Teknologi Finansial : Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital.
Utami, Niza, Purnama Ramadani Silalahi, K. T. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
OJK. (2021). Layanan Digital Banking. Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id/FrontEnd/CMS/Article/345. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/345
Padang, Utami R.A dan Wahyu Syarvina. (2022). Property Business Competitive Strategy Analysis at PT. Rizki Mandiri Barokah, Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Digital, Vol. 1 No. 2.
Pratiwi, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Terhadap Penggunaan BSI mobile Bank Negara Indonesia Syariah Skripsi (Vol. 3).
Putu Wuri Handayani, I. F. (2011). Penentuan CSF Pada Website Internet Banking Ditinjau Dari Aspek Kebutuhan Pengguna Sebagai Nasabah Individual Dengan Studi Kasus BCA, Bank Mandiri, Dan BNI. Jurnal Sistem Informasi, Vol 7 N0., 55-56. https://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/295
Rerung, R. R. (2018). Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi.
Rika, H. (n.d.). 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja dengan E-Commerce. Diunduh Pada Tanggal 12 Januari 2022. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211111123945-78-719672/881-persen-pengguna-internet-belanja-dengan-e-commerce/amp
Rita, R., & Fitria, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor UTAUT dan Trust Terhadap Behavioral Intention Pengguna BNI BSI mobile Pada Pekerja Migran Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 926–939. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.453
Rivai, M. B. (2014). Penerapan Model The Unified Teory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Untuk Memahami Tingkat Penerimaan Penggunaan E-Learning (Be Smart). UNY.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sandy, K. F. (2021). Melonjak 46,7 persen, Transaksi Digital Banking Tembus Rp28.685,48 Triliun di Kuartal III-2021. 2021.
Sejarah FEBI :(www.febiuinsu.ac.id). Diunduh pada tanggal 20 Mei 2022 Sejarah
Simon Kemp.Digital 2022: Indonesia. Diunduh Pada Tanggal 7 Maret 2022. .
Sinulingga, S. (2015). Metodologi Penelitian (p. 228).
Sodik, S. S. dan M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Sukaria Sinulingga. (2015). Metodologi Penelitian. Medan: USU Press.
Sulianto. (2006). Metode Riset Bisnis.
Susilo, A. (2012). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Bagi Hasil Fakultas Agama Islam. 0–9.
The SMERU Research Institute. (n.d.). Studi Dampak Sosial Ekonomi Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diunduh Pada Tanggal 9 Desember 2021. https://www.smeru.or.id.
Wibowo, A. S. (2019). Minat Menggunakan BSI mobile Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Untuk Melakukan Transaksi Pembayaran SPP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yusmad, M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik.
DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v4i3.4025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI:Â 10.36987/jumsi
E-ISSN:Â 2774-4221
Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418