Strategi Guru Akidah Dan Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTS Nurul Iman Padang Reba

M. Ihsan Fadillah, Syaukhani Hasbi

Abstract


This thesis discusses about Teachers' Strategy of Akhlak In Improving Student Discipline In Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Padang Reba Regency, this research is a qualitative research by using primary and secondary data source. To obtain the data the researcher use Obsevation, Documentation, and interview method. The purpose of this study is to find out how the state of student learning discipline, constraints of moral teachers, and how the strategy of moral aqid in improving student learning discipline The result of the research shows that the condition of student learning discipline in Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Padang Reba  is still weak student intereststudents lack self introspection, and still weak student punishment. Constraints of teachers ie students like to make noise in the classroom, there are students who smoke and bring mobile phones and ditching into the classroom. The teacher'sstrategy is to provide guidance, the teacher gives advice, and the teacher sanction the students who violate the discipline.


Full Text:

PDF

References


Akilah Mahmud. (2019). Ciri Dan Keistimewan Akhlak Dalam Islam. Sulesana, 13(1), 2940.

Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120.

Annisa Maharani, C. S. (2022). (Prodi Manajemen Pedidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang) . 2 (Dosen Fakultsa Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang) . *. 6(1), 763769.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif (Materi. 21(1), 19.

Carin, A. A., Sund, R. ., & Lahkar, B. K. (2018). Penerapan Pendekatan VCT ( Value Clarification Teaching) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Dasan Jontak Kec. Kopang, Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Controlled Release, 11(2), 430439.

Dewantara, P., & Utomo, U. (2019). Strategi Khusus Pembelajaran Flute Kelas X Smk Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Seni Musik, 8(1), 16. https://doi.org/10.15294/jsm.v8i1.25784

Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Jurnal Edukasi Islami, 06(12), 104105.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Ii, B. A. B. (2013). Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 105 1 9. 937.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (n.d.). John W. Crswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Yogyakarta, 2013).hal 348 47 55. 5563.

Imam Suraji. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Forum Tarbiyah, 10(9), 8.

Ipandang. (2017). Pemikiran Etika Modern Dan Mistisisme Islam Serta Kemanusiaan : Dilema Dan. Kuriositas, 11(1), 1–18.

Kalsum, U. (2018). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MTs. GUPPI SAMATA GOWA. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 76. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4936

Kumaini, A. (2020). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri2 Kabupaten Muaro Jambi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Mundir, A. (2016). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH. 7, 2740.

Nurwahyudin, S. (2022). keagamaan terhadap sikap akhlakul kar.

Nuryati, H. (2018). Pembiasaan Shalat BerjamaAh Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sma Negeri Piyungan Kabupaten Bantul. xxi. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10680

Shoimah, R. H. (2018). Problematika Pengasuhan Single Parent (orangtua tunggal) dalam pendidikan moral keagamaan bagi anak di keluarga: studi kasus Desa Kauman Kecamatan . http://eprints.walisongo.ac.id/8352/

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Sri Marlini, F., Komunikasi, D. A. N., & Ar-raniry, U. I. N. (2019). Upaya orang tua dalam pembinaan kedisiplinan ibadah shalat terhadap anak.

Tulus, 2004: 37). (n.d.).

Yasin, F. (2011). Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah. El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, IX(1), 241948.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v4i1.4866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418