PENGARUH PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 MARBAU

Ria Limaya Sari Nurhakima Ritonga, Elysa Rohayani Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran
Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA
Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dimana desain penelitiannya
melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, Desain penelitian ini melibatkan perlakuan yang
berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X terdiri dari 2 Kelas dengan jumlah 70
orang siswa. Sampel dalam penelitian ditentukan secara total sampling yang berjumlah 70 orang.
Dimana Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Marbau pada materi ekosistem dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat dilihat perubahan nilai
dari pretest ke posttest kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80,43 dengan kategori baik dengan
standar deviasi 107,667. Skor maksimum diperoleh gain eksperimen adalah 90 dan minimum
adalah 65. Sedangkan untuk gain perubahan nilai dari pretest ke posttest pada kelas kontrol
diperoleh rata-rata 72,14 dengan kategori cukup baik dengan standar deviasi 6,891. Skor
maksimum yang diperoleh gain kontrol adalah 85 dan minimum adalah 60. Ada Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Marbau.
Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan, Pembelajaran, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v1i2.1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN