PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR ( JAS ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA DI KELAS VII MTs RAUDLATUL ULUUM AEK NABARA
Abstract
Tujuan: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Raudlatul Uluum. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIc dan VIId yang masing-masing kelas
berjumlah 27 siswa. Metode: Teknik pengambilan sampelnya teknik random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil tes belajar siswa dan dianalisis menggunakan uji hipotesis. Hasil: didapat hasil yang signifikan antara siswa yang
diajarkan menggunakan pendekatan (JAS) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan Interaksi Makhluk hidup dan Lingkungannya. Hasil analisis tes menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sangat tinggi terhadap pembelajaran biologi apabila pembelajaran IPA
menggunakan Pendekatan (JAS). Kesimpulan: Hasil analisis aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis data aspek kognitif menunjukan
bahwa sig 2- tailed lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,381.
Kata kunci : Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Kemampuan Berpikir Kritis, Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya.
berjumlah 27 siswa. Metode: Teknik pengambilan sampelnya teknik random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil tes belajar siswa dan dianalisis menggunakan uji hipotesis. Hasil: didapat hasil yang signifikan antara siswa yang
diajarkan menggunakan pendekatan (JAS) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan Interaksi Makhluk hidup dan Lingkungannya. Hasil analisis tes menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sangat tinggi terhadap pembelajaran biologi apabila pembelajaran IPA
menggunakan Pendekatan (JAS). Kesimpulan: Hasil analisis aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis data aspek kognitif menunjukan
bahwa sig 2- tailed lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,381.
Kata kunci : Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Kemampuan Berpikir Kritis, Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v3i1.1708
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN