PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 10 RANTAUPRAPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidkan orang tua terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA muhammadiyah-10 Rantauprapat tahun pembelajaran
2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yaitu seluruh kelas X MIA SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat sebanyak 2 kelas dengan jumlah 47 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket tingkat pendidikan orang tua dan angket motivasi belajar siswa sebagai data penelitian. Istrumen yang digunakan dokumentasi dan angket, sedangkan uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariate dan analisis bivariate dengan regresi linier sederhana menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS Statistics 22 menunjukkan bahwa harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,47. Dari hasil analisis dengan menggunakan SPSS Statistics 22 menunjukkan bahwa harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,197. Hal ini menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh sebesar 19,7% terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2018/2019yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci : tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar siswa
2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yaitu seluruh kelas X MIA SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat sebanyak 2 kelas dengan jumlah 47 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket tingkat pendidikan orang tua dan angket motivasi belajar siswa sebagai data penelitian. Istrumen yang digunakan dokumentasi dan angket, sedangkan uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariate dan analisis bivariate dengan regresi linier sederhana menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS Statistics 22 menunjukkan bahwa harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,47. Dari hasil analisis dengan menggunakan SPSS Statistics 22 menunjukkan bahwa harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,197. Hal ini menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh sebesar 19,7% terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2018/2019yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci : tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v3i1.1720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN