PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ( SPPKB ) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN 5 TORGAMBA

Sri Sundari, Ika Chastanti, Siti Zahara Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dengan Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMPN 5 Torgamba Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Torgamba yang berjumlah 56 siswa yakni kelas VII-a yang berjumlah 28 orang dan VII-b berjumlah 28 orang. Data posttest pada kelas eksperimen diberikan dengan Model SPPKB dengan menggunakan media powerpoint menunjukkan nilai rata-rata sebesar 87,17 sedangkan pada siswa kelas kontrol yang diberikan Metode Ceramah memperoleh
nilai rata-rata sebesar 72,33. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata posttest pada kedua kelompok siswa tersebut, setelah diberikan perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dengan Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMPN 5 Torgamba Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Media Powerpoint, Hasil Belajar Siswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.