ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA

Lafrida Mentari Lubis, Siti Zahara Saragih, Ika Chastanti

Abstract


Miskonsepsi pada biologi dapat bersumber dari buku ajar yang memuat uraian materi yang salah,
Miskonsepsi juga dapat menjadi penghalang dalam memahami materi-materi biologi sehingga dapat memicu
adanya miskonsepsi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui miskonsepsi dalam mata pelajaran sistem respirasi
pada manusia pada materi organ-organ pernapasan di kelas XI SMA Swasta Persiapan Aek Nabara. Metode
penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, populasi penelitian 70 siswa dengan sampel 35 siswa, dengan
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes diagnostik. Instrumen yang
digunakan berupa tes tertulis, berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan jumlah soal 20 butir. Teknik analisis
data dengan menggunakan skala Certainty of Response Index) (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
miskonsepsi pada materi organ pernapasan manusia terutama pada organ faring dan laring, Siswa menjawab
benar tetapi tidak tahu konsep sebesar ( 2,20%) dan benar dengan tahu konsep ( 4,57 %), selain itu dengan adanya
buku ajar yang memuat uraian materi yang salah, serta metode pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kata Kunci : miskonsepsi, organ pernapasan, siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.