PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI LINGKARAN KELAS X PESANTREN DAR AL-MA

Nurjannah Ritonga, Nurlina Ariani Harahap, Rahma Muti'ah

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran
matematis antara siswa yang diberi soal open-ended dengan siswa yang diberi soal rutin, perbedaan peningkatan
kemampuan penalaran matematis ditinjau dari level siswa, serta interaksi antara pemberian soal dan level
pengetahuan awal matematika (PAM) siswa dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Nilai gain diperoleh dari rumus Meltzer dengan hasil: untuk kelas
eksperimen nilai gain minimum = -0,07 dan maksimum 0,86, sedangkan untuk kelas kontrol nilai gain minimum =
-0,63 dan maksimum 0,55. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan dalam
peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang diberi soal open-endeddan siswa yang
diberi soal rutin, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis antara
siswa pada level pengetahuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah.
Kata Kunci: Open-ended, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v4i2.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN