PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

M. Ananda Mardin Harahap, Nurlina Ariani Harahap, Irmayanti

Abstract


Proses pembelajaran seharusnya dapat mengarahkan mereka agar dapat memahami dan
memaknai setiap konsep pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan siswa dalam memahami konsep
matematika sangatlah rendah. Pembelajaran pemahaman konsep matematika dilakukan dengan
cara yang masih tradisional, yang mengakibatkan munculnya rasa jenuh dalam belajar. Dengan
begitu media yang dapat digunakan adalah media pembelajaran Audio Visual, dengan begitu
pembelajaran matematika pemahaman konsep dapat diterima melalui penglihatan dan pendengaran
secara lebih nyata da efektif dari pada yang disampaikan dengan kata-kata. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Uji Normalitas, Homogenitas, Hipotesis. Dapat disimpulkan dengan
perhitungan antara thitung dengan ttabel 3,30 < 1,707 diperoleh maka �" ditolak dan �# diterima. Dapat
disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan
media audio visual dan metode konvensional berada pada tingkat baik dan telah memenuhi standart
ketuntasan minimal (KKM).
Kata Kunci: Media Audio Visual, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v4i2.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN