PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN PENGGUNAKAN MODEL PEMBELARAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM)
Abstract
Dalam pembelajaran Matematika salah satu kemampuan yang diharapkan adalah
kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran
matematika di MTs Subulussalam Sumberjo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan Graded Response Models (GRM) dan
mengetahui aktivitas pembelajaran siswa. Hasil dari penelitian ini thitung dengan ttabel 2,10 < 2,22 maka
H0 ditolak dan Ha diterima sehingga memiliki kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Graded Response Models lebih tinggi dari pada
yang memperoleh pembelajaran konvensional dan, aktivitas belajar siswa dengan Graded Response
models lebih baik dari aktivitas belajar sebelumnya.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Graded Response Models (GRM)
kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran
matematika di MTs Subulussalam Sumberjo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan Graded Response Models (GRM) dan
mengetahui aktivitas pembelajaran siswa. Hasil dari penelitian ini thitung dengan ttabel 2,10 < 2,22 maka
H0 ditolak dan Ha diterima sehingga memiliki kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Graded Response Models lebih tinggi dari pada
yang memperoleh pembelajaran konvensional dan, aktivitas belajar siswa dengan Graded Response
models lebih baik dari aktivitas belajar sebelumnya.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Graded Response Models (GRM)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v4i2.1735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN