PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TERBUKA (OPEN ENDED APPROACH) DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL TES BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TORGAMBA

Suci Widya Ningsih, Irmayanti, Rahma Muti'ah

Abstract


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil
pengajarandengan MetodePendekatan Terbuka (Open Ended Approach), bagaimana terhadap
Jenis Kelamin Terhadap Hasil Tes Belajarpada bidang studi Matematika dan apakah ada hubungan
yang signifikan yang di timbulkan pengajaran model Pendekatan Terbuka (Open Ended Approach),
terhadap Jenis Kelamin Terhadap Hasil Tes Belajarpada bidang studi matematika. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pembelajaran dengan
MetodePendekatan Terbuka (Open Ended Approach) dengan ), terhadap Jenis Kelamin Terhadap
Hasil Tes Belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran sosial di kelas VIII semester 2
SMP Negeri 6 Torgamba tahun Pelajaran 2018/2019.Instrumen penelitian yang digunakan adalah
berupa tes tulisan berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 6 Torgamba tahun Pelajaran 2018/2019yang
berjumlah 126 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak
40 Responden. Dari analisa data diperoleh beberapa temuan yaitu rata-rata hasil pengajaran dengan
model pembelajaran Pendekatan Terbuka (Open Ended Approach) dapat diketahui hasil tes belajar
siswa memiliki rata-rata 80,0. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara pembelajaran dengan model Pendekatan Terbuka (Open Ended Approach) terhadap Jenis
Kelamin Terhadap Hasil Tes Belajar matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa bila hasil
pengajaran dengan Model Pendekatan Terbuka (Open Ended Approach) tinggi maka akan terjadi
peningkatan hasil belajar matematika pada siswa di kelas VIII semester 2 SMP Negeri 6 Torgamba
Tahun Pelajaran 2018/2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.