PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ADVOKASI BERBASIS MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Nurhasanah, Suriyani, Eva Julyanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretes-Posttest tes
kelompok kontrol dengan tujuan menelaah pengaruh pendekatan Advokasi dengan penyajian
masalah terbuka (open-ended) pada pembelajaran matematika siswa. Sampel penelitian sebanyak
69 siswa kelas VII MTs Subulussalam. Instrument penelitian terdiri dari tes pembelajaran matematika
pemecahan masalah. Analisis data menggunakan Uji homogenitas, Uji Normalitas dan Uji hipotesis.
Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Advokasi dengan penyajian
masalah Open-Ended memberikan pengaruh konsisten dibandingkan dengan pengaruh pembelajran
konvensional. Selain itu, penelitian juga menemukan: (1) tak terdapat interaksi antara pembelajaran
pendekatan Advokasi dengan penyajian masalah Open-Ended dan pengetahuan awal matematis
siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (2) terdapat pengaruh antara
pemecahan masalah matematis siswa dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah
memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
hasil penelitian, maka diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika
peserta didik dengan menggunakan pendekatan Advokasi dari kelima tes bahwa peserta didik
mampu dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis.
Kata Kunci: Pendekatan Advokasi Berbasis Masalah Terbuka, Pemecahan Masalah Matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.