PENGARUH METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa tidak hanya disebabkan sulitnya materi dan kurangnya minat
siswa, tetapi ada kaitannya dengan penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, cenderung monoton
dan konvensional. Dengan demikian, adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencoba untuk mengetahui ada
pengaruh hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran dari yang konvensional menjadi metode
pembelajaran resitasi dan untuk mengetahui hasil belajar penyelesaian jawaban yang dilakukan siswa.
Penggunaan metode resitasi tidak terlepas dari latihan soal yang biasa disebut lembar aktivitas siswa supaya
mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional.
Instrumen penelitian yang dilakukan adalah berupa tes tulisan berbentuk essay tes sebanyak 5 soal untuk pretes
dan 5 soal untuk postest. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 MTs Swasta
Islamiyah Subulussalam Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Dari analisa data diperoleh beberapa
temuan yaitu untuk nilai rata-rata pretest eksperimen (44,00) dan rata-rata pretest kontrol (35,00). Sedangkan
pada data postest setelah dilakukan pengajaran menggunakan metode resitasi untuk nilai rata-rata postest
(80,00) dan rata-rata nilai pengajaran menggunakan metode konvensional pada postest adalah (60,00). Dari
perhitungan antara thitung dan ttabel jika
siswa, tetapi ada kaitannya dengan penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, cenderung monoton
dan konvensional. Dengan demikian, adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencoba untuk mengetahui ada
pengaruh hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran dari yang konvensional menjadi metode
pembelajaran resitasi dan untuk mengetahui hasil belajar penyelesaian jawaban yang dilakukan siswa.
Penggunaan metode resitasi tidak terlepas dari latihan soal yang biasa disebut lembar aktivitas siswa supaya
mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional.
Instrumen penelitian yang dilakukan adalah berupa tes tulisan berbentuk essay tes sebanyak 5 soal untuk pretes
dan 5 soal untuk postest. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 MTs Swasta
Islamiyah Subulussalam Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Dari analisa data diperoleh beberapa
temuan yaitu untuk nilai rata-rata pretest eksperimen (44,00) dan rata-rata pretest kontrol (35,00). Sedangkan
pada data postest setelah dilakukan pengajaran menggunakan metode resitasi untuk nilai rata-rata postest
(80,00) dan rata-rata nilai pengajaran menggunakan metode konvensional pada postest adalah (60,00). Dari
perhitungan antara thitung dan ttabel jika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v1i1.1752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN