analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal-soal terbuka ditinjau dari konsep diri siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal-soal terbuka ditinjau dari konsep diri siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis dapat diidentifikasi dagan menyelesaikan soal-soal terbuka pada materi persamaan linier tiga variable yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian yaitu (1) Fluency (kelancaran) adalah menghasilkan banyak gagasan pemecahan masalah, (2) Originality (Keaslian) adalah penyampaian solusi dengan cara baru/ unik (berbeda dengan jawaban yang lain), (3) Elaboration adalah menguraiakan secara runtut langkah penyelesaian masalah. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling  yang terdiri dari 34 siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Az Zahra Sonomartani. Adapun jawaban yang ditampilkan pada penelitian ini terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah kelas X TKJ di SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode tes dengan melalui 3 langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal-soal terbuka ditinjau dari konsep diri siswa tergolong rendah dengan hasil rata-rata persentase tiap indikator yaitu: 29% pada indikator Fluency; 22% pada indikator originality; dan 3% pada indikator Elaboration. Artinya kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal-soal terbuka ditinjau dari konsep diri siswa di kelas X TKJ SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani tergolong berkemampuan rendah.
DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v1i2.1877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN